Terbaru - Teknik Menyelesaikan Soal Matematika Dengan Runut Dan Sistematis
matematrick.com
Mengajari matematika tidak sekedar mengajari berhitung dan membilang. Beberapa hal yang termasuk di dalamnya adalah mengajari cara berpikir, belajar teknik menyelesaikan persoalan yang akan dihadapi dalam kehidupan sebenarnya nanti.
Ini adalah contoh proses kegiatan belajar mengajar matematika di kelas tentang berhitung, silakan disimak.
- Anak-anak, mari kita belajar materi matematika sederhana. Apakah semua sudah bisa berhitung?
+ Bisa Pakkk...
- Baiklah, Saya ingin dengar. Rana coba kamu berhitung.
+ 1,2,3,4,5,6,..
- Bagus, kamu layak lulus SD.
+ Hahaha...
- Sekarang perhatikan, saya mempunyai delapan kartu dengan angka mulai 1 sampai 8. Ada berapa banyak cara untuk memilih 4 kartu yang berjumlah 20?
+ Apakah urutannya diperhatikan juga Pak?
- Tidak. 8+5+1+6 dengan 5+6+8+1 dianggap sama.
+ Wah pasti ada ratusan kemungkinan..
- Bagus. Coba sebutkan apa saja.
+ Ya Pak.
5 + 8 + 4 + 3 = 20
8 + 5 + 6 + 1 = 20
8 + 4 + 6 + 2 = 20
7 + 6 + 3 + 4 = 20
3 + 8 + 2 + 7 = 20
2 + 4 + 8 + 6 = 20
- Hanya itu? Katanya ratusan..
+ Iya Pak salah. Ternyata cuma ada 6 saja.
- Darimana kamu tahu kalau cuma 6 saja?
+ Lha apalagi Pak? Saya cari lagi yang lain sudah tidak ada.
- Apakah kamu tahu apa arti dari menghitung?
+ Untuk mengetahui ada berapa banyak.
- Sekarang coba kamu hitung, ada berapa banyak bilangan di sini: 4, 2, 8, 6, 1, 7, 5, 3?
+ Sebentar saya hitung dulu.. ada 8 Pak.
- Yang ini: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8?
+ sama Pak, 8. Yang ini mudah karena angkanya urut.
- Nah, sekarang kita kembali ke permasalahan tadi. Coba kamu daftar lagi ada berapa banyak kemungkinan untuk membentuk jumlah 20. Usahakan urut.
+ Maksudnya urut bagaimana Pak?
- Bilangan terbesar berapa yang kamu punya?
+ 8.
- Berikutnya?
+ 7.
- Sekarang coba pikirkan, untuk mendapatkan jumlah 20 dimulai dari 8+7 ada berapa cara?
+ 8+7=15, berarti butuh 5 lagi. Kemungkinannya cuma 4+1 dan 3+2.
- Bagus. Berarti kita sudah mendapat 2 cara
+ Berarti sekarang dilanjutkan 8+6+... ya Pak?
- Tepat! Gunakan bilangan terbesar yang mungkin dari kiri, kemudian semakin kecil di sebelah kanannya.
+ Oke.
- Bagus...! Nah, kamu sudah bekerja dengan runut dan sistematis. Kamu menempatkan angka secara terurut, seperti saat menghitung angka 1-8.
+ Terima kasih Pak.
- Oiya, masih ada lagikah kemungkinannya?
+ 8 + 5 = 13, berarti butuh 7 lagi. cuma ada 1 kemungkinan yaitu 4+3.
- Lanjutkan...
+ Baik... 8 + 4 + … sama dengan 12, berarti butuh 8 lagi. Dan ini tidak mungkin, 1,2,3 tidak akan menghasilkan 8. Maka sekarang kita beralih ke kemungkinan berikutnya: 7 + 6 + …
- Bagaimana kalau 7 + 5 + …?
+ Tidak mungkin. Begitu pula 6 + 5 + …
- Wow... kamu langsung paham..
+ Berarti hanya ada 7 kemungkinan untuk mendapatkan jumlah 20 dari 4 angka 1-8. Wah, jawaban awal saya tadi 6 kemungkinan. Hampir benar..
- Kamu tadi menemukan cuma 5. Sebab ada 2 yang sama.
+ Oh ya..
- Untuk mendapatkan seluruh kemungkinan tanpa pengulangan ataupun ada yang terlewat kamu harus bekerja secara sistematis dan tertib. Prosesnya seperti berhitung 1,2,3 tetapi dengan sedikit tambahan penalaran.
+ Kelihatannya rumit ya Pak.
- Tidak juga. Hanya belum terbiasa saja bekerja seperti itu.
Awali dengan berpikir strategi yang akan digunakan kemudian bekerja secara sistematis dan runut.
+ Ok, terima kasih Pak..
Mengajari matematika tidak sekedar mengajari berhitung dan membilang. Beberapa hal yang termasuk di dalamnya adalah mengajari cara berpikir, belajar teknik menyelesaikan persoalan yang akan dihadapi dalam kehidupan sebenarnya nanti.
angka |
Ini adalah contoh proses kegiatan belajar mengajar matematika di kelas tentang berhitung, silakan disimak.
- Anak-anak, mari kita belajar materi matematika sederhana. Apakah semua sudah bisa berhitung?
+ Bisa Pakkk...
- Baiklah, Saya ingin dengar. Rana coba kamu berhitung.
+ 1,2,3,4,5,6,..
- Bagus, kamu layak lulus SD.
+ Hahaha...
- Sekarang perhatikan, saya mempunyai delapan kartu dengan angka mulai 1 sampai 8. Ada berapa banyak cara untuk memilih 4 kartu yang berjumlah 20?
+ Apakah urutannya diperhatikan juga Pak?
- Tidak. 8+5+1+6 dengan 5+6+8+1 dianggap sama.
+ Wah pasti ada ratusan kemungkinan..
- Bagus. Coba sebutkan apa saja.
+ Ya Pak.
5 + 8 + 4 + 3 = 20
8 + 5 + 6 + 1 = 20
8 + 4 + 6 + 2 = 20
7 + 6 + 3 + 4 = 20
3 + 8 + 2 + 7 = 20
2 + 4 + 8 + 6 = 20
- Hanya itu? Katanya ratusan..
+ Iya Pak salah. Ternyata cuma ada 6 saja.
- Darimana kamu tahu kalau cuma 6 saja?
+ Lha apalagi Pak? Saya cari lagi yang lain sudah tidak ada.
- Apakah kamu tahu apa arti dari menghitung?
+ Untuk mengetahui ada berapa banyak.
- Sekarang coba kamu hitung, ada berapa banyak bilangan di sini: 4, 2, 8, 6, 1, 7, 5, 3?
+ Sebentar saya hitung dulu.. ada 8 Pak.
- Yang ini: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8?
+ sama Pak, 8. Yang ini mudah karena angkanya urut.
- Nah, sekarang kita kembali ke permasalahan tadi. Coba kamu daftar lagi ada berapa banyak kemungkinan untuk membentuk jumlah 20. Usahakan urut.
+ Maksudnya urut bagaimana Pak?
- Bilangan terbesar berapa yang kamu punya?
+ 8.
- Berikutnya?
+ 7.
- Sekarang coba pikirkan, untuk mendapatkan jumlah 20 dimulai dari 8+7 ada berapa cara?
+ 8+7=15, berarti butuh 5 lagi. Kemungkinannya cuma 4+1 dan 3+2.
- Bagus. Berarti kita sudah mendapat 2 cara
8 + 7 + 4 + 1 = 20
8 + 7 + 3 + 2 = 20
+ Berarti sekarang dilanjutkan 8+6+... ya Pak?
- Tepat! Gunakan bilangan terbesar yang mungkin dari kiri, kemudian semakin kecil di sebelah kanannya.
+ Oke.
8 + 6 + 5 + 1 = 20
8 + 6 + 4 + 2 = 20
- Bagus...! Nah, kamu sudah bekerja dengan runut dan sistematis. Kamu menempatkan angka secara terurut, seperti saat menghitung angka 1-8.
+ Terima kasih Pak.
- Oiya, masih ada lagikah kemungkinannya?
+ 8 + 5 = 13, berarti butuh 7 lagi. cuma ada 1 kemungkinan yaitu 4+3.
8 + 5 + 4 + 3 = 20
- Lanjutkan...
+ Baik... 8 + 4 + … sama dengan 12, berarti butuh 8 lagi. Dan ini tidak mungkin, 1,2,3 tidak akan menghasilkan 8. Maka sekarang kita beralih ke kemungkinan berikutnya: 7 + 6 + …
7 + 6 + 5 + 2 = 20
7 + 6 + 4 + 3 = 20
- Bagaimana kalau 7 + 5 + …?
+ Tidak mungkin. Begitu pula 6 + 5 + …
- Wow... kamu langsung paham..
+ Berarti hanya ada 7 kemungkinan untuk mendapatkan jumlah 20 dari 4 angka 1-8. Wah, jawaban awal saya tadi 6 kemungkinan. Hampir benar..
- Kamu tadi menemukan cuma 5. Sebab ada 2 yang sama.
+ Oh ya..
- Untuk mendapatkan seluruh kemungkinan tanpa pengulangan ataupun ada yang terlewat kamu harus bekerja secara sistematis dan tertib. Prosesnya seperti berhitung 1,2,3 tetapi dengan sedikit tambahan penalaran.
+ Kelihatannya rumit ya Pak.
- Tidak juga. Hanya belum terbiasa saja bekerja seperti itu.
Awali dengan berpikir strategi yang akan digunakan kemudian bekerja secara sistematis dan runut.
+ Ok, terima kasih Pak..
Belum ada Komentar untuk "Terbaru - Teknik Menyelesaikan Soal Matematika Dengan Runut Dan Sistematis"
Posting Komentar