✔ Pesan Mbah Moen Untuk Guru Yang Wajib Direnungkan

Semoga pesan Mbah Moen sanggup menjadi renungan bagi guru dan diberi kemampuan untuk melaksanakannya.

Kepergian KH Maimun Zubair atau yang bersahabat disapa Mbah Moen mengakibatkan sedih mendalam bagi ribuan santri di tanah air. Tak hanya para santri, sejumlah tokoh pun diselimuti sedih atas kepergian Mbah Moen. Ulama kelahiran Dusun Karangmangu, Rembang, Jawa Tengah pada 28 Oktober 1928 ini memperlihatkan nasihat atau pesan ditujukan kepada para guru, dosen dan tenaga pengajar.

Berikut ini lima pesan pesan KH Maimun Zubair atau Mbah Moen yang lansir dari detikcom (12/01/20).

1. Agar Para Guru Tidak Mengandalkan Pendapatan dari Mengajar

Pesan pertama Mbah Moen yaitu semoga para guru tetap mempunyai perjuangan sampingan dan tidak mengandalkan pendapatan dari mengajar. Sebab apa pun bentuk perjuangan yang menghasilkan pendapatan halal itu sangat berkah.

Nak, kau kalau jadi guru, dosen, atau kiyai kau harus tetep usaha, harus punya sampingan biar hati kau nggak selalu mengharap sumbangan atau bayaran orang lain, sebab perjuangan dari hasil keringatmu sendiri itu barokah.

2. Menjadi Guru Haruslah Sabar

Berikutnya Mbah Moen juga berpesan, bila menjadi guru hendaknya selalu bersabar. Khususnya ketika menghadapi ada murid yang nakal, menjengkelkan dan bikin lelah. Seorang guru dianjurkan berfikir kasatmata bahwa salah satu dari murid yang dia latih suatu kelak nanti akan membawa dia menuju surga.

Ketika melihat murid-murid yang menjengkelkan dan melelahkan, terkadang hati teruji kesabarannya, namun hadirkanlah citra bahwa diantara satu dari mereka akan menarik tanganmu ke surga.

3. Kehebatan Seorang Guru Adalah Mendidik

Bagi Mbah Moen, mengajar yaitu sebuah rekrasi yang paling indah. Kehebatan seorang guru berdasarkan Mbah Moen yaitu mendidik. Mbah Moen dikenal sebagai gurunya maha guru.

Yang paling hebat bagi seorang guru yaitu mendidik, dan rekreasi yang paling indah yaitu mengajar.

4. Tugas Guru Bukan Hanya Mendidik Anak Menjadi Pintar

Menjadi salah satu kiprah guru yaitu mendidik anak muridnya semoga menjadi orang pintar. Namun yang paling utama yaitu orang akil yang senantiasa bertindak benar.

Ono sing luwih prayogo, yaiku dadi wong pinter sing tansah tumindak bener.

5. Nasihat Supaya Hidup Tentram

Manusia tentu ingin hidup tenteram. Menurut Mbah Moen, hidup bisa dikatakan tenteram apabila: ketika punya uang tak terlalu bangga dan ketika tak ada uang tidak merasa susah.

Hidup itu bisa dikatakan tentram apabila, ketika punya uang tidak merasa bangga dan ketika tidak punya uang tidak merasa susah.

Sebagai seorang yang sudah makan asam garam kehidupan, kata-kata yang terlontar dari K.H Maimoen Zubair sarat makna. Semoga pesan dia sanggup menjadi renungan bagi guru dan diberi kemampuan untuk melaksanakannya dalam mendidik anak.

Belum ada Komentar untuk "✔ Pesan Mbah Moen Untuk Guru Yang Wajib Direnungkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel