✔ 5 Teknik Mengajar Era Sekarang Untuk Guru Sekolah Dasar

 Teknik Mengajar Masa Kini Untuk Guru SD ✔ 5 Teknik Mengajar Masa Kini Untuk Guru Sekolah Dasar
Teknik mengajar masa sekarang untuk guru SD ialah solusi kontemporer mencegah siswa mengalami rasa bosan dalam belajar.

Menurut Gropper di dalam Wiryawan dan Noorhadi (1998), teknik mengajar masa sekarang untuk guru SD (Sekolah Dasar) harus berbasis latihan. Beliau memberikan kalau taktik pembelajaran ialah sekumpulan latihan tertentu yang harus dicapai oleh siswa. Selanjutnya juga disampaikan kalau acara berguru praktik siswa harus bisa melahirkan output yang terlatih.

Karena itu, ada beberapa teknik mengajar yang sesuai dengan argumen di atas, yang bisa diterapkan untuk siswa sekolah dasar di ketika ini. Ini beliau tekniknya:

1. Sosio Drama

Strategi berguru sosio drama ialah teknik mengajar yang menginstruksikan siswa untuk mengaktualisasikan bahan yang sudah didapatkan ke dalam lingkungan kecil masyarakat. Contohnya ialah kalau bahan yang diberikan ihwal kerja bakti, maka silakan bawa siswa untuk bekerja bakti membersihkan musholla. Jika materinya ihwal pancasila, silakan ajak anak keliling kampung bersahabat sekolah untuk memperlihatkan kertas bergambar pancasila kepada masyarakat.

2. Pemodelan

Anak lebih menyukai pembelajaran berbasis gerak, mimik, gestur selain verbal atau klarifikasi secara lisan. Nah, teknik pemodelan ialah teknik pembelajaran yang penekanannya pada seorang guru harus bisa menjadi model di depan kelas dengan ketentuan di atas.

Jika pembelajaran ihwal puisi, jangan hanya siswa yang disuruh membaca, gurunya juga harus bisa mencontohkannya dengan baik. Jika bahan menyiram bunga, guru dihentikan diam, tetapi harus ikut andil menyiram dan mencontohkan cara menyiram yang baik.

3. Brain Gym

Metode mengajar guru yang ketiga ialah teknik brain gym atau senam otak. Ini merupakan taktik mengajar berbasis latihan olahraga yang berfungsi untuk menyeimbangkan otak kanan dengan otak kiri. Sehingga siswa bisa berguru dengan baik, bahan bisa diserap dengan baik pula.

Ada banyak sekali gerakan brain gym yang bisa dilakukan siswa sebelum belajar. Seperti pukul dan gosok kaki, tepuk pipi dan perut, melompat sambil tepuk tangan dan lain sebagainya.

4. Discusion Out Class

Diskusi masih menjadi teknik mengajar yang elok untuk semua kelas pendidikan. Bahkan, model didik tanya jawab secara dua arah ini juga bisa dilakukan di kelas rendah.

Namun para jago memberikan kalau metode ini lebih elok kalau dilakukan di luar kelas. Karena siswa lebih santai dan nyaman. Maka dari itu, lahirlah discusion Out class. Namun, untuk memaksimalkannya pastikan sekolah mempunyai taman diskusi yang indah. Supaya siswa lebih betah berdiskusi dan urun rembug di sana.

5. Belajar Integratif

Cara mengajar masa sekarang untuk guru SD yang kelima ini dianggap oleh para jago sebagai arah sasaran kurikulum 2013. Karena pemangku kebijakan menginginkan siswa memahami ilmu secara utuh dan tidak terkotakkan menjadi aneka macam disiplin imu berbeda yang justru menciptakan siswa kebingungan.

Teknik berguru integratif sendiri bisa memadukan antar bahan per KD atau satu bahan dengan konsep keterampilan menyerupai keterampilan sosial dan spiritual. Sedangkan duduk masalah pembelajarannya, silakan diolah sendiri sesuai kemampuan guru serta sarana dan prasarana sekolah yang tersedia.

Contohnya, kalau bahan hari ini ihwal macam-macam air (sosial), silakan integrasikan dengan jenis-jenis air yang suci (agama islam). Ini rujukan integrasi antar ilmu. Sedangkan integrasi dengan konsep sosial, guru bisa mengajak siswanya untuk memperlihatkan satu botol air mineral kepada tukang becak dan lain sebagainya.

Mendidik siswa di kelas rendah, utamanya ketika ini sangat sulit. Maka dari itu, silakan terapkan teknik mengajar masa sekarang untuk guru SD yang sudah dijelaskan di atas. Semuanya berbasis latihan yang menyenangkan.

Belum ada Komentar untuk "✔ 5 Teknik Mengajar Era Sekarang Untuk Guru Sekolah Dasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel